Rabu, 13 Juli 2011

Galian C Tanpa Izin,Pemkab Labusel Hanya Beri Surat Teguran

Kotapinang-Maraknya aksi Galian C yang beroperasi di  Dusun Pekan Tolan Bukit, Desa Tolan, Kecamatan Kampung Rakyat Labuhanbatu Selatan  diduga tidak memiliki izin, sementara Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan seakan menutup mata, pasalnya Pemkab hanya memberi surat teguran tanpa tindakan tegas.
Berdasarkan pantauan di lokasi, terlihat satu unit alat berat jenis escavator yang dioperasikan sebagai pengorek tanah, tak hanya itu tampak juga sejumlah truk yang mengangkut material hasil galian ke luar dari lokasi
 Ketidak tegasan Pemkab tersebut sangat disayangkan masyarakat, karena selain tidak memiliki izin juga dapat merusak lingkungan.”"Sangat disayangkan, kenapa galian C itu kembali beroperasi setelah sebelumnya sempat dihentikan karena tidak dilengkapi izin," kata Barus, warga Dusun Pekan Tolan Bukit.
Ironisnya lagi  belum lama ini lokasi tersebut pernah ditinjau oleh aparat Pemkab Labusel. "Pasca peninjauan tersebut, proyek itu tetap beroperasi. Membuat warga, kembali bertanya tentang kedatangan aparat berwenang  ke lokasi tersebut. Padahal sampai saat ini galian C itu tetap tak punya izin. Lihatlah, sejumlah truk yang mondar-mandir mengangkut material," kata Barus sembari menunjuk ke arah lokasi tersebut.
Ketika hal ini dikonfirmasi kepada Kepala Kantor Perizinan Pelayanan Terpadu (KP2T) Labusel Ralikul Rahman melalui telepon seluler membenarkan kalau galian C tersebut sampai saat ini tidak memiliki Izin. “Memang benar sampai saat ini galian C di Dusun Pekan Tolan itu tidak punya izin. Kami sudah membuat surat teguran kepada pengusaha galian C tersebut,“ jelas Rahman.
Mengenai langkah yang akan diambil Pemkab Labusel jika teguran tersebut tidak digubris, Rahman tak mau berkomentar banyak. "Untuk masalah itu,  kami akan berkoordinasi dengan anggota dewan untuk mengambil langkah yang tepat,” ujarnya tanpa menyebutkan sanksi apa yang dikenakan kepada pengusaha galian C tersebut.(Mds-berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar